Cara Mengatasi Mikrofon (MIC) Telepon Suara Hilang dan Lirih

Cara Mengatasi Mikrofon (MIC) Telepon Suara Hilang dan Lirih - Hari ini saya dibuat panik sob karena bangun tidur si doi telpon dan ternyata suara saya tidak ada dan ada ketika saya teriak baru Dia dengar tapi tetap lirih banget. Saya pikir pertama nih android perasaan belum saya apa-apakan jatuh pun hampir tak pernah seinget saya baru dua kali sob, takutnya mic rusak atau mati.

Awalnya saya pikir mungkin hpnya perlu direstart, saya restart lah hpnya lalu saya coba lagi dan hasilnya lumayanlah ada perubahan sedikit terdengar, tapi tetap tidak tenang karena setelah saya coba melakukan call kembali ternyata lawan telpon saya masih bilang masih kecil suaranya lah. Gilaaaa !!! Akhirnya saya coba lagi tuh ke pengaturan telepon setting sana sini, coba rekam-rekam ulang dan hasilnya pun tetap sama saja.

Oiya HP yang saya gunakan varian dari xiaomi yaitu redmi 5+ sob. Untunglah saya gak sampai melakukan setting hp kembali kepengaturan pabrik, kan sayang data-data selama ini meskipun bisa dibackup namun tetap membutuhkan waktu yang lumayan untuk melakukan hal itu. Dan akhirnya saya teringat bahwa hampir setiap HP memiliki lubang khusus untuk speaker, mikrofon dan lain-lain. Akhirnya saya mencoba melakukan hal ini sob.

Mengatasi Suara MIC atau Suara Rekaman Lirih/Tidak Terdengar
  1. Buka pelindung HP android sobat
  2. Siapkan Jarum atau barang yang dirasa aman dan muat untuk lubang mic
  3. Mulai bersihkan lubang mikrofon (lakukan dengan pelan dan lembuat)
  4. Lakukan berulang-ulang hingga debu yang menyumbat hilang
  5. Lakukan testing rekaman suara
Bagi sobat yang memiliki hp android merk xiaomi yang mengadopsi speaker dibawah dengan bentuk tampilan beberapa titik yang dibagi kanan dan kiri, sobat perlu mengetahui bahwa letak lubang mic untuk menangkap/merekam suara letaknya ada disebelah kiri sedangkan untuk lubang sebelah kanan merupakan letak speaker.

Nah, jika sobat masih memegang jarum baiknya sekalian bersihkan bagian lubang speaker agar debu-debu juga ikut hilang dan suaran speaker tetap bagus. HP android yang saya pegang ini terhitung belum ada setahun ditangan saya, sehingga penyebab masalah seperti ini kemungkinan terjadi akibat cara kita memakai.

Penyebabnya, seperti meletakan HP ditempat yang kotor dan berdebu, meletakan hp dikantong celana dengan posisi bagian mic dibawah. Hal ini bisa terjadi debu dapat masuk ke lubang-lubang tersebut karena kita tidak tahu berapa banyak debu didalam kantong. Jadi baiknya sobat juga membersihkan kantong celana agar tetap bersih selain HP sehat kantong celana pun bersih.

Demikian pengamalan yang saya alami sob, bikin deg-degan dan greget. Semoga informasi ini dapat membantu sobat androitechnoku. Terima kasih

0 Response to "Cara Mengatasi Mikrofon (MIC) Telepon Suara Hilang dan Lirih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel